10 Aplikasi Webcam yang bisa di download dan Tersedia di Laptop

Meski bukan komponen utama, kehadiran aplikasi webcam tak lepas dari laptop. Saat ini hampir semua jenis laptop sudah dilengkapi dengan webcam dengan resolusi dan fitur yang berbeda-beda. Kamera laptop sendiri memiliki berbagai fungsi yang bisa digunakan untuk merekam foto dan video.

Kamera ini juga biasanya digunakan untuk melakukan panggilan video melalui Skype, Zoom, Google Meet dan lainnya. Semua laptop biasanya dilengkapi dengan aplikasi kamera bawaan. Sayangnya, aplikasi webcam untuk laptop mungkin hanya memiliki beberapa fitur. Selain itu, kualitas foto dan video yang dihasilkannya juga kurang memadai. Akan tetapi ada beberapa aplikasi webcam yang berkualitas yang pastinya akan dijelaskan di bawah ini.

10 Aplikasi Webcam yang bisa di download dan Tersedia di Laptop

  1. Logitech Capture

Fitur multi-source ini tidak hanya berlaku untuk webcam, tetapi juga untuk tampilan windows di PC, sejenis screencast. Walaupun tidak begitu menarik, tetapi mudah untuk melakukan banyak penyesuaian seperti berada di studio rekaman. Anda dapat mengubah tingkat kecerahan, menerapkan filter, memberikan tanda air dan hamparan teks, dan pada dasarnya menggunakan Logitech Capture untuk melakukan semuanya.

Selain itu, rasio aspek dapat berupa potret (9:16) maupun landscape, cocok untuk siapa saja yang ingin memposting cerita profesional. Aplikasi ini hanya tersedia di OS Windows 10 dan MacOS 10.14/10.15 (Beta), C920 HD PRO, C920s HD PRO, 1080P PRO STREAM, C922 PRO STREAM, C922X PRO STREAM, STREAMCAM, STREAMCAM PLUS, BRIO 4K PRO, BRIO STREAM, dan C930e.

  1. SplitCam

SplitCam adalah aplikasi webcam multimedia. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan streaming ke beberapa aplikasi chat seperti Skype, Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, AOL AIM, ICQ, Camfrog, Gtalk, YouTube sekaligus. Dan ada banyak aplikasi messenger lain yang didukung SplitCam.

Pengguna juga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut dengan melakukan streaming langsung di berbagai platform seperti Livestream, Ustream, Justin.tv, dan TinyChat sekaligus. Aplikasi SplitCam juga memiliki fitur 3D masking  yang realistis sehingga Anda dapat merekam diri sendiri tanpa menunjukkan wajah yang sebenarnya. Cocok untuk pemula yang belum percaya diri.

  1. BandiCam

Jika Anda mengaku sebagai seorang gamer, Anda pasti akan menyukai aplikasi Bandicam ini. Alasannya adalah Anda dapat merekam gameplay dan mengunggahnya ke YouTube atau Twitch. Bandicam juga sangat ringan dan mudah digunakan, fitur fitur seperti menampilkan penghitung kecepatan bingkai, dan mendukung berbagai pengaturan codec.

Bandicam juga mendukung file output format MP4 dan AVI dan dapat diinstal pada PC/laptop yang menjalankan Windows 7, 8, dan 10. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi video yang dihasilkan akan menunjukkan watermark.

  1. GoPlay

Aplikasi webcam yang biasa-biasa saja tentu tidak cukup untuk para content creator. Anda memerlukan aplikasi webcam yang juga dapat diconvert sebagai editor video, seperti pada contoh GoPlay ini. Rekaman webcam ini dapat diedit dengan desain antarmuka yang sangat mudah dipahami, sehingga pemula pun tidak perlu khawatir.

Di sini Anda dapat memilih perekaman layar penuh atau merekam hanya bagian tertentu. Selain itu, pengguna bebas melihat thumbnail di Picture-in-Picture Style Youtuber Gaming. Aplikasi GoPlay juga gratis untuk digunakan, tetapi resolusinya dibatasi hingga 720p dan hanya berdurasi 5 menit.

Anda dapat berlangganan versi Pro mulai dari $4,90 per bulan. Selain waktu perekaman yang tidak terbatas dan dukungan resolusi 1080p, versi Pro ini berguna jika Anda ingin menghilangkan watermark dan menghilangkan iklan.

  1. IP Camera Viewer

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini ditujukan untuk merekam kamera IP daripada webcam. Namun, jika laptop Anda tidak memiliki kamera webcam yang bagus, Anda dapat menggunakan kamera IP untuk keperluan streaming langsung. Meskipun merupakan versi gratis, penampil kamera IP ini dapat merekam dengan 4 kamera sekaligus.

Perangkat lunak ini mendukung hingga 2200 model kamera, jadi Anda juga tidak perlu khawatir tentang kompatibilitasnya. Di sisi lain, untuk format yang didukung, IP Camera Viewer dapat mengambil screenshot dalam format JPG dan menyimpan video dalam format MJPG dan MP4 (dengan codec H.264).

  1. OBS Studio

Rata-rata mereka menggunakan aplikasi OBS Studio untuk kebutuhan streaming mereka. Dalam arti tertentu, software ini memiliki fitur all-in-one terbaik dari semua aplikasi streaming langsung. Namun, kemungkinan anda akan bingung dengan antarmuka yang kompleks.

Minimal, Anda memerlukan Windows 8 atau yang lebih baru untuk menjalankan software ini. OBS Studio juga tersedia untuk Linux dan Mac OS 10.13 ke atas. Open Broadcaster Software ini berperforma tinggi dan dapat merekam secara bersamaan dari berbagai sumber seperti screencast dan webcam. Bagi mereka yang ingin merekam gameplay konsol, OBS mendukung penggunaan kartu tangkap. Format perekaman default adalah FLV, tetapi Anda juga dapat menyimpan rekaman dalam format MP4 dan MKV.

  1. XSplit VCam

Xsplit Vcam memungkinkan semua pengguna untuk mengubah latar belakang dengan gambar yang diinginkan tanpa menggunakan metode Green Screen. Anda tidak hanya dapat mengubah latar belakang pada gambar, tetapi Anda dapat mengubahnya nanti di halaman web yang Anda kunjungi. Selain itu, Xsplit Vcam dapat digunakan pada platform atau perangkat lunak apa pun seperti Zoom, OBS, Google Hangouts, dan Skype.

  1. Yawcam

aplikasi YawCam, yang merupakan singkatan dari Yet Another Webcam Software memiliki Semua fitur aplikasi yang penting dan mendasar. Contohnya termasuk pengunggahan FTP, streaming video, jadwal perekaman, dan fitur dasar lainnya. Oleh karena itu, ukuran aplikasi ini juga sangat kecil, sekitar 4MB. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini dari OS Windows lama seperti Windows 2000 dan XP hingga Windows 10 terbaru.

  1. iGlasses

Dengan iGlasses, kini Anda dapat menerapkan berbagai efek unik ke wajah Anda, termasuk kepala alien, wajah katak, wajah tupai dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pelacakan wajah dan efek 3D, membuat konten streaming langsung menjadi lebih imersif dan unik.

Dengan setidaknya 50 efek untuk dipilih, Anda dapat membuat konten Anda seberagam mungkin. Melakukan video call dengan partner LDR dijamin lebih seru. Sayangnya, aplikasi ini tidak kompatibel dengan FaceTime, Photo Booth, dan Skype versi terbaru.

  1. ManyCam

Jika Anda ingin menginstal aplikasi kamera dengan banyak stiker dan efek di PC Anda, disarankan untuk mengunduh ManyCam. Aplikasi menarik ini memiliki banyak alat untuk mengedit dan menyisipkan berbagai jenis stiker di foto Anda.

Selain untuk berfoto, Anda juga bisa merekam video menggunakan aplikasi ManyCam ini. Penggunaan yang tidak terbatas dapat merekam video dalam berbagai resolusi, 240p, 480p, HD, Full HD, dan banyak opsi lainnya.

Akhir Kata

Dan itulah daftar aplikasi webcam untuk laptop yang dapat Anda coba. Berbagai aplikasi tersebut dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Ada yang hanya menawarkan versi free trial atau masa percobaan. Bahkan, aplikasi ini bisa digunakan dengan berbagai merek laptop seperti ASUS, Acer, Lenovo dan merk lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.